Mar 29, 2012

Cara Mudah Mendapatkan Teman Baru..Ya... Bersosialisasi


Sosialisasi… Hmm.. yang terlintas di kepala kita setelah mendengar kata sosialisasi adalah hal-hal yang berkaitan dengan lingkungan sekitar, bagaimana beradaptasi dan berinteraksi dengan individu lain dalam lingkungan sosial.

Charlotte Buhler mengartikan sosialisasi sebagai proses yang membantu individu-individu belajar dan menyesuaikan diri, bagaimana cara hidup, dan berpikir dalam kelompoknya agar ia dapat berperan dan berfungsi dengan kelompoknya.

Salah satu tahapan awal dari bersosialisasi dan berinteraksi dengan individu lain adalah membuka diri kita untuk mau mengenal dan berani berinteraksi dengan individu yang dijumpai di sekitar kita, baik itu individu yang belum kita kenal sama sekali, maupun yang sudah dikenal. Namun,
beberapa diantara kita, enggan membuka diri dan tidak mau mengenal individu yang kita jumpai dengan alasan takut dan tidak percaya diri berinteraksi dengan individu yang baru pertama kali dijumpai.

Saat melihat seseorang yang sangat mudah berkenalan dengan orang lain, khususnya lawan jenis dan dalam hitungan menit setelah berkenalan mereka berbincang dengan hangat, bersahabat dan menyenangkan dengan orang yang baru dikenalnya. Terkadang kita iri melihat pemandangan tersebut dan mungkin terlintas di kepala kita “mengapa dia mudah sekali melakukannya?? Padahal saya tidak punya nyali untuk melakukan hal yang sama..”

Mempunyai banyak teman merupakan hal yang menyenangkan, saat sendiri dan bĂȘte, bermain dan bersenang-senang bersama teman-teman merupakan obatnya. Namun, bagaimana mungkin mengusir kepenatan bersama teman-teman jika jumlah teman kita sedikit dan kita tidak terlalu akrab dengan mereka.. Mau tahu caranya??

Mulai sekarang mulailah buka dirimu untuk berani mengenal dan bersosialisasi dengan indiviu-individu yang baru kita jumpai, apalagi individu tersebut membuat kamu tertarik daripada nyesel di akhir mending ajak kenalan.. Mudah kan??

Pertanyaan selanjutnya,,, ”bagaimana cara kenalannya dan apa yang diobrolin?” gampang..modalnya Cuma percaya diri saja dan obrolin apa saja yang bersifat santai dan tidak berbau SARA.. kalo masih belum berani, minta tolong teman untuk dikenalin, atau minta dikenalin ke teman dekat dari temanmu.



Cara lain untuk mendapat kenalan dan teman baru adalah bergabung dengan salah satu komunitas yang ada di sekitarmu karena di sana banyak terdapat individu dengan bermacam-macam karakter sehingga selain mendapat banyak kenalan baru, kamu juga bisa belajar cara bersosialisasi.

Manfaat yang akan kita dapatkan dari bersosialisasi banyak sekali, antara lain: punya teman dan sahabat baru, mengerti dan paham berbagai macam karakter individu dan bagaimana cara menyikapinya, menjadi wadah mengembangkan bakat yang kita miliki, wadah pembentukan kepribadian, dll.

Dari sebagian besar orang kami wawancarai, mereka belum berani untuk berkenalan secara langsung dengan orang yang baru dijumpainya, maupun yang sering dia lihat, terutama dengan lawan jenis alasannya adalah karena tidak berani dan belum percaya diri. Memang, hal ini adalah musuh utama yang ditimbulkan diri kita sendiri dan karena pikiran-pikiran kita sendiri yang menganggap bersosialisasi itu sulit dan gambaran di kepala kita betapa malunya jika kita ditolak untuk berkenalan.. itulah musuh utama sebenarnya,, jadi, Mulai sekarang lebih percaya diri dan selalu berpikiran positif bahwa semuanya akan berjalan sesuai apa yang kita inginkan.

Sebagian besar responden mengatakan bahwa jika belum berani berkenalan atau menyapa target mereka, mereka lebih memilih mencari info tentang target melalui temannya ataupun via jejaring sosial, namun tetap saja tidak ada respon dari si target. Sebagian besar responden tidak masalah jika ada seseorang yang ingin berkenalan secara langsung dengannya, dan mereka justru senang jika ada seseorang yang secara gentleman berkenalan dengan mereka dan maksudnya adalah berteman..

So, Guys… Mulai sekarang buka dirimu, lebih percaya diri dan dapatkan teman baru !!!

1 comment: